[Guide] FFXIV - ARR , Be a Better Ninja for Tomorrow


Rogue - Ninja adalah Class/Job terbaru dari FFXIV - ARR, ini adalah class/job yang secara pribadi saya tunggu tunggu selain Samurai. Ninja memiliki kemampuan untuk merapal jutsu yang menjadikannya skill unik untuk ninja. Ninja sendiri menggunakan dual dagger sebagai senjata pilihan. Guide ini sendiri di tujukan untuk media pembelajaran, dan ini merupakan rotation pribadi pilihan saya yang di harapkan dapat membantu bagi sesama ninja.




Shortcut Build



Shortcut yang saya gunakan adalah :


F1 - F3 - Ninjutsu Seal
QERTY - Utility Skill (R untuk execute jutsu)

Shift + 1 - 3 - Buff Skill
1 - 4 - Basic Attack
Ctrl + 1 - 4 - Alternate Attack 
Alt + 1 - 3 - Filter Attack
5 & 7 - Suiton Base Attack
6 - Kassatsu

Ini adalah pilihan posisi shortcut yang menurut saya mudah, carilah posisi shortcut yang sesuai dengan kebutuhan masing masing.

Pilihan Jutsu






Raiton : Biasanya saya gunakan setelah kassatsu untuk mencapai damage tertinggi
Suiton : Gunakan sesegera mungkin apabila memungkin kan untuk menggunakan Suiton Skill
Doton : hanya di gunakan saat membersihkan mob yang cukup banyak
Huton : Jutsu wajib yang harus selalu aktif setiap saat

Huton memiliki durasi 70s sedangkan jutsu dapat di aktifkan setiap 20s sekali, secara efisiensi ini berarti kita dapat mengaktifkan 2 jutsu lain sebelum mengaktifkan huton kembali, namun tentu saja terkadang itu sulit pada keadaan tertentu karenanya terdapat dua pilihan :

Huton - Suiton - (suiton skill) - Raiton - Huton

atau

Huton - Suiton - (suiton skill) - Huton - Raiton - Huton

Suiton Skill




Suiton skill adalah skill yang hanya bisa di lakukan dalam 2 kondisi yaitu dalam buff suiton atau dalam keadaan hide (yang tidak mungkin di lakukan pada saat di tengah pertempuran). Terdapat 2 buah skill yang share cooldown, yaitu trick attack dan sneak attack.

Pada kondisi umum trick attack adalah skill yang paling sering di lakukan karena memberikan bonus vulnerability 10% bila di lakukan dari belakang, Namun terkadang terdapat beberapa situasi dimana sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menempatkan diri pada posisi belakang musuh, maka gunakan lah Sneak attack.

Basic Attack






Combo dasar dari ninja, memiliki potency akhir yang cukup besar yaitu 320p dan tidak membutuhkan posisi khusus, namun perlu di ingat ninja memiliki kebutuhan untuk merapal ninjutsu dan tidak boleh terpotong oleh skill lain, karenanya debuff mutilate harus selalu aktif.

Mutilate - Spinning Edge - Gust Slash - Aeolian Edge

Alternate Attack




Alternate attack adalah attack yang dapat menjadi pilihan lain pada kondisi tertentu.

Shadow Fang : lakukan shadow fang apabila kita akan melakukan ninjutsu seal dan tidak ada debuff shadow fang dari kita.

Dancing Edge : lakukan Dancing Edge apabila tidak terdapat debuff Dancing Edge dan tidak ada Warrior dalam party kita, karena tidak ada stack dengan Storm's Eye warrior.

Harap di perhatikan setiap skill membutuhkan combo action terlebih dahulu,

Filter Attack





Filter Attack adalah skill yang dilakukan pada saat cooldown basic attack, lakukan filter attack pada skill tersebut dapat dilakukan, tidak perlu menunggu buff tertentu karena tujuan dari filter attack adalah mengisi ke kosongan pada saat cooldown.

Contoh :

Mutilate - Spinning Edge - Jugulate - Gust Slash - Mug - Aeolian Edge - Assassinate

Buff Skill







Terdapat dua buah buff utama untuk ninja (dan kemungkinan hampir semua DPS) yaitu Blood for Blood dan Internal Release. Waktu yang tepat untuk melakukan buff ini adalah sesaat setelah Trick attack atau sebelum melakukan suiton. Buff yang lain hanya di gunakan dalam keadaan darurat saja.

Time to Roll 


Berikut adalah rotation yang biasa saya lakukan :

Huton - Mutilate - Spinning Edge - Jugulate - Gust Slash - Mug -Dancing Edge -(Basic attack set)- Spinning Edge  - Blood for Blood - Internal Release - Shadow Fang - Suiton - Trick Attack - Kassatsu - Spinning Edge - Raiton - Gust Slash - Aeolian Edge.

Semoga info info dasar ini berguna untuk mengembangkan ninja - ninja yang lebih baik ;)

Bonus : How to be a good ninja

Posting Komentar

0 Komentar