[Tips] Stat Support Secara Umum dalam Tree of Savior


Dalam sebuah game MMORPG support memiliki peran yang cukup penting, Begitu pula pada ToS. Pada umumnya class support di ToS berasal dari variasi class cleric, namun tidak menutup kemungkinan dari class class yang lainnya. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi buah fikiran saya terhadap stat untuk class support, jadi ini bukanlah artikel yang membahas build yang spesifik.


Terdapat 3 stat penting untuk sebuah class support yaitu, CON , INT , dan SPR. Pembagian setiap stat akan tergantung dari class yang dimiliki jadi untuk hal ini saya serahkan kepada keputusan pribadi masing masing saja.

Stat pertama yang saya anggap paling penting adalah CON. Mengapa CON ? agar tetap hidup, yep se sederhana itu. Pertarungan dalam ToS lebih sporadis karena sistem battle yang action oriented, skill area dari boss pun terkadang sulit dihindari, karenanya memiliki HP yang mencukupi saya anggap menjadi prioritas utama hal ini untuk menghindari kasus one hit kill. Namun jangan salah sangka dulu, saya tidak menganggap seorang support harus memiliki CON yang sangat tinggi, tetapi secukupnya, sesuaikan dengan tingkat kesulitan class yang digunakan karena kita tidak akan bisa memberikan support apabila kita dalam keadaan kritis atau mati.

Stat kedua adalah INT , namun ini tidak berlaku untuk class yang memiliki skill dengan efek fix atau tidak tergantung stat. Pertimbangan mengapa INT lebih penting dari SPR adalah efisiensi. Saat kita menggunakan skill support, kita ingin memberikan hasil sebaik mungkin untuk setiap skill yang kita keluarkan, sehingga setidaknya mampu bertahan hingga selesai cooldown.

Stat ketiga adalah SPR, stat ini saya taruh dengan prioritas terendah karena beragam hal. Tentu saja ini tidak membuat SPR sebagai stat yang tidak penting, namun banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kekurangan mana. Penggunaan skill yang tepat waktu akan membantu penggunaan SP dengan efisien, hindari melakukan spam skill sebisa mungkin agar tidak menghabiskan SP secara berlebihan. Alasan lain adalah potion, potion dapat membantu kita mengisi SP, sedangkan untuk mempersingkat cooldown itu adalah hal yang sulit, karenanya efisiensi setiap skill yang kita lakukan menjadi lebih penting daripada jumlah skill yang kita cast.

Itu adalah prioritas stat yang saya anggap penting untuk class support dalam ToS. Semoga saja bisa menjadi pertimbangan bagi para pemain support dalam ToS sehingga dapat berkembang lebih baik ! Sekali lagi ini hanyalah pendapat saya berdasarkan pengalaman saya bermain di game ToS serta game game lainnya.


Posting Komentar

0 Komentar